Sunday, November 14, 2010

KAMPUNG ADAT CIKONDANG

Rumah Adat Kampung Adat Cikondang


Bissmillah,,,,,,,
Kampung Cikondang atau sekarang sering disebut dengan Kampung Adat Cikondang. Hmmhh,,,,,,sebelumnya saya masih bingung dengan definisi Kampung Adat!!! Dengan kemampuan saya yang tidak hebat, saya mencoba mencari definisi dari Kampung Adat. Tapi sampai saat ini saya hanya menemukan definisi Kampung, Adat, dan Masyarakat Adat. Tapi Saya tidak menemukan definisi Kampung Adat. Jadi apa yang dimaksud dengan Kampung Adat????


Disini saya hanya bisa menyimpulkan dari beberapa artikel yang saya baca bahwa pada awalnya Kampung Adat adalah kumpulan beberapa desa yang menggunakan adat sebagai pilar kehidupan bermasyarakat. Adat tersebut dijaga dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari hingga saat ini. Kampung Adat biasanya terletak di tempat terpencil dan asing pada teknologi dan kehidupan modern.

Seiring berjalannya waktu dan melihat pada kepentingan umum, pemerintah melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan keberadaan Kampung Adat dan mencanangkan program pelestarian berdasarkan pendidikan dan penelitian pada Kampung-Kampung Adat tersebut. Kampung Adat yang resmi adalah Kampung Adat yang diakui dan dilindungi oleh negara. 

Salah satu Kampung Adat yang ada di jawa barat adalah Kampung Adat Cikondang yang terletak di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Jika Kita lihat sekilas, Kampung cikondang tidak seperti kampung adat yang lainnya. Dari sisi arsitektural, rumah-rumah di Kampung Cikondang tidak berbeda jauh dengan rumah-rumah yang ada di kampung-kampung modern. Banyak rumah-rumah di kampung cikondang sudah menggunakan bahan-bahan rumah modern. Tapi masih ada juga rumah tradisional yang masih menggunakan Bambu dan Kayu sebagai bahan utama.

Nah, jadi apa dong yang dilihat oleh pemerintah dari Kampung Cikondang sehingga Kampung Cikondang diresmikan sebagai salah satu Kampung Adat????

Jika kita teliti lebih dalam, ternyata Pemerintah melihat dari sisi budaya, adat dan artefak. Khusus untuk artrefak itu sendiri, di Kampung Cikondang ternyata masih ada satu bangunan rumah tradisional peninggalan leluhur Kampung Cikondang. Rumah itu disebut dengan Rumah Adat atau Bumi Adat.

1 comment:

  1. Assalamualaikum ..
    Artikel yang menarik.
    Orang sunda yang mengenal budayanya ya.
    keep your sunda !! :)
    visit my blog juga dong.
    barangkali tertarik melihat artikel ku.
    http://merahmarunluck.blogspot.com/

    ReplyDelete